PELATIHAN BATIK ECOPRINT LANJUTAN

Batik Ecoprint merupakan batik yang menggunakan bahan – bahan alam sebagai media cetak serta warnanya. Sistemnya dengan menjiplak dedaunan dan kemudian merebusnya, mirip seperti proses pembuatan batik, Namun, motif yang dihasilkan oleh sistem ecoprint ini lebih kontemporer dibandingkan batik yang digambar ataupun dicetak dengan motif batik yang klasik.

Untuk memantapkan pemahaman siswa dan guru terhadap batik Ecoprint yang telah menjadi icon kewirausahaan dari SMA Negeri 1 Manyar, maka SMA Negeri 1 Manyar mengadakan pelatihan lanjutan tentang pembuatan batik Ecoprint yang dilaksanakan pada hari Kamis, 27 Januari 2022 pukul 09.00 s.d. selesai dengan Narasumber Nasional adalah Ibu Dra. Christina Ariani bertempat di Food Court SMA Negeri 1 Manyar dengan peserta terdiri dari siswa yang tergabung dalam ekstra kewirausahaan serta guru pengajar kewirausahaan dengan tujuan agar nantinya memberikan pengetahuan kepada guru pengajar KWU dan siswa ekstra kewirausahaan sehingga nantinya terbentuk tutor sebaya dari siswa dan bisa menularkan ilmu yang didapatnya kepada siswa yang ada di SMA Negeri 1 Manyar sehingga ikon sekolah bisa selalu terjaga.

Dalam kegiatan tersebut narasumber memberikan bimbingan tentang proses pelepasan kain yang akan dibuat batik ecoprint dari kotoran, selanjutnya pengenaln bahan yang akan dibuat sebagai warna batik ecoprint serta proses pelorodan batik setelah jadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *