WORKSHOP IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER

WORKSHOP IMPLEMENTASI SISTEM KREDIT SEMESTER

Konsep Sistem Kredit Semester  (SKS) adalah sistem penyelenggaraan program pendidikan yang peserta didiknya menentukan sendiri beban belajar dan mata pelajaran yang diikuti setiap semester pada satuan pendidikan. Beban belajar setiap mata pelajaran dalam satuan kredit semester (sks). Beban belajar 1 (satu) sks meliputi satu jam pembelajaran tatap muka, satu jam penugasan terstruktur, dan satu jam kegiatan mandiri. Adapun syarat sekolah yang dapat menerapkan sistem sks adaah sekolah yang terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional (BAN) serta Penyelenggaraan SKS pada setiap satuan pendidikan dilakukan dengan tetap mempertimbangkan ketuntasan minimal dalam pencapaian setiap kompetensi.

SMA Negeri 1 Manyar sebagai sekolah yang terakreditasi A telah memenuhi syarat sebagai sekolah yang menerapkan Sistem Kredit Semester. Karenanya segala persiapan dilakukan untuk menyongsong pelaksanaan program Sistem Kredit Semalam (SKS) yang akan diimplementasikan pada tahun pelajaran 2020 / 2021 mendatang.

Untuk memberikan wawasan kepada bapak/ibu guru tentang Sistem Kredit Semester (SKS), maka SMA Negeri 1 Manyar menyelenggarakan “Workshop Implementasi sistem Kredit Semester (SKS)” yang dilaksanakan pada  28 – 30 September 2018 bertempat di Aula Widya Kartika SMA Negeri 1 Manyar pukul 08.00 WIB s.d. selesai dengan Narasumber Bapak H. Mujib, S.Pd., M.M. yang merupakan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Giri Banyuwangi. Dalam kegiatan tersebut bapak / ibu guru SMA Negeri 1 Manyar diberikan wawasan tentang apa itu SKS, bagaimana penerapannya dalam pembelajaran, cara yang efektif dalam memetakan  siswa yang bisa cepat, menengah, dan lambat dalam menyelesaikan kredit semester dan bagaimana penanganannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *