PELATIHAN SMART SCHOOL

Revolusi industri 4.0 memberikan dampak perubahan yang cukup signifikan dalam bidang teknologi digitalisasi yang memiliki dampak yang sangat besar dalam kehidupan manusia tak terkecuali juga dalam bidang pendidikan.
Dalam Bidang pendidikan pun merasakan disrupsi akibat  digitalisasi. Saat ini kita sudah mulai terbiasa mendengar dengan perkuliahan  online. Bahkan platform global saat ini adalah belajar bisa di manapun dan kapan saja. Artinya  proses pembelajaran formal bukan lagi pilihan satu-satunya. 
Jika dulu para siswa belajar dan ujian dengan paper (kertas), kini pelan tapi pasti basis teknologi komputer mulai menggeser. Diharapkan para guru mulai  sekarang tidak lagi hanya sekedar mampu menguasai materi pelajaran  tetapi juga harus mampu menguasai teknologi. Selain itu pengelolaan manejemen sekolah juga mulai bergeser dari berbasis kertas menjadi digitalisasi. Banyak kesulitan atau masalah yang dapat dipermudah atau diatasi dengan peran teknologi informasi. Sehingga menuntut tenaga pendidik juga harus mampu menguasai teknologi. Teknologi ini disebut teknologi smart school. Smart School adalah aplikasi sekolah yang mengintegrasikan seluruh sistem dibangun dalam sebuah sekolah yang mampu mengefektif dan mengefisiensikan proses kerja.
Untuk menghadapi tuntutan digitalisasi sekolah tersebut maka SMA Negeri 1 Manyar bekerjasama dengan Linas Media menerapkan penggunaan Aplikasi Smart School sebagai sarana untuk mengefektifkan manajemen sekolah dengan mengintegrasikan seluruh sistem yang ada di sekolah dalam sebuah manajemen database.
Agar guru, karyawan dan siswa dapat menerapkan aplikasi smart school dalam pembelajaran, maka SMA negeri 1 Manyar bekerjasama dengan Lintas Media mengadakan "Pelatihan Digitalisasi Sekolah dengan menerapkan Teknologi Smart School" yang dilaksanakan pada hari Senin, 11 April 2022 pukul 08.30 WIB s.d. selesai. Sebagai narasumber dari Lintas Media.
Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan agar guru, karyawan serta siswa dapat menggunakan aplikasi smart school dalam kegiatan pembelajaran seperti : pengisian Jurnal Kelas, Presensi, E-learning, Kegiatan Jual beli di koperasi dan kantin, Kegiatan Ketatausahaan, Pembayaran dan sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *