Semangat Merdeka Berkibar, Generasi Muda Diajak Jadi Agen Transformasi Pendidikan

Semangat Merdeka Berkibar, Generasi Muda Diajak Jadi Agen Transformasi Pendidikan

Gresik, 17 Agustus 2024 – Upacara bendera dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-79 yang digelar di SMA Negeri 1 Manyar pagi ini berlangsung khidmat. Ratusan siswa, guru, ibu-ibu Dharmawanita dan staf turut hadir dalam upacara yang sarat makna ini.
Dalam amanatnya, Pembina Upacara, Ibu Rafiah menyampaikan pentingnya generasi muda untuk terus menanamkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air. Beliau juga mengajak seluruh siswa untuk menjadi generasi yang unggul dan berkarakter, sebagaimana yang telah dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Nadiem Makarim.
Dalam pidatonya Menteri Nadiem Makarim menekankan pentingnya transformasi pendidikan yang berpusat pada murid. Konsep Merdeka Belajar yang digagas oleh Menteri Nadiem menjadi salah satu fokus utama dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.
Upacara bendera dalam rangka HUT RI ke 79 kali ini tampak berbeda dari sebelumnya. Karena pada kegiatan ini, diikuti juga oleh Ibu-ibu Dharma Wanita yang mengenakan baju adat, sebagai bentuk penghormatan terhadap keberagaman budaya bangsa.
Upacara bendera HUT RI ke-79 di SMA Negeri 1 Manyar menjadi momentum bagi seluruh civitas akademika untuk terus berinovasi dan berkontribusi dalam membangun pendidikan Indonesia yang lebih baik. Dengan semangat Merdeka Belajar, diharapkan generasi muda Indonesia dapat tumbuh menjadi generasi emas yang mampu menghadapi tantangan global, dengan memiliki karakter yang kuat sebagai pelajar Pancasila.