SMA Negeri 1 Manyar Gelar Kuliah Tamu, Ajak Siswa Mengenal Kearifan Lokal dan Berekayasa Membangun NKRI

SMA Negeri 1 Manyar Gelar Kuliah Tamu, Ajak Siswa Mengenal Kearifan Lokal dan Berekayasa Membangun NKRI

Gresik, 16 Agustus 2024 – SMA Negeri 1 Manyar sukses menggelar kuliah tamu dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tanggal 14 Agustus 2024. Kegiatan ini menghadirkan dua narasumber ahli di bidangnya, yaitu bapak Priandono yang memaparkan tema Kearifan local dan bapak Wasis Supeno membahas tema Berekayasa dan Berteknologi untuk Membangun NKRI.
Pada pemaparan bapak Priyandono, beliau mengangkat judul “Bersikap Lokal Melangkah Global”. Dalam pemaparannya, bapak Priyandono mengajak siswa untuk menggali lagi tentang sejarah dan latar belakang kearifan lokal masyarakat kota Gresik. Ada banyak kearifal lokal yang diperkenalkan oleh bapak Priyandono, mulai dari bangunan cagar budaya, ritual atau upacara adat, tradisi atau kebiasaan, budaya dan kesenian, hingga kuliner khas kota Gresik. Tidak hanya memperkenalkan kearifan lokal kota Gresik saja, pak Priyandono juga mengajak siswa untuk menganalisis tantangan dan permasalahan yang dihadapi oleh kearifan lokal saat ini. Siswa juga mengeksplore upaya yang bisa dilakukan dalam melestarikan kearifan lokal.
Sementara itu, bapak Wasis Supeno mengajak siswa untuk mentransformasi Teknologi Menuju Generasi Emas Indonesia. Bapak Wasis menekankan bahwa dalam arus globalisasi saat ini benteng yang harus dipunyai salah satunya “Softskill” dengan nama kerennya adalah Pendidikan Akidah dan Akhlaq. Dalam sesinya, bapak Wasis mengajak siswa untuk menganalisis kondisi kota Gresik sebagai kota Industri yang memiliki banyak Pabrik, dan bagaimana memanfaatkan kondisi tersebut sebagai kekutan yang bisa dimanfaatkan oleh generasi muda dalam memperkuat keilmuannya, sehingga mampu bersaing dan menjadi generasi yang layak diperhitungkan.
Siswa terlihat sangat antuisias dalam kegiatan ini. Mereka mengutarakan ide dan gagasan yang mereka punyai tentang kearifan lokal kota Gresik.
Kegiatan ini sebagai lanjutan dari kegiatan siswa dalam P5. Pada kegiatan sebelum kuliah tamu berlangsung, siswa telah menggali informasi yang berkaitan dengan tema yang mereka pelajari.
Pihak sekolah berharap melalui kegiatan ini, siswa dapat:

  1. Membangun rasa ingin tahu dan kemampuan inkuiri melalui eksplorasi tentang budaya dan kearifan lokal Masyarakat sekitar serta perkembangannya.
  2. Melatih daya pikir kritis, kreatif, inovatif sekaligus kemampuan berempati untuk merekayasa membangun produk berteknologi yang memudahkan kegiatan mereka dan lingkungan.